Minggu, 09 Mei 2010

Deteksi Kerusakan HP

Terkadang saat menganalisa kerusakan hand phone, seorang teknisi harus berulang kali melakukan pengecekan sambungan antara hand phone dengan Kabel ke UFS-8 Box serta kabel USB ke komputer atau laptop Jika salah menganalisa akan berakibat fatal dan menimbulkan kerugian. Sepintas hal ini terlihat sepele tetapi jika salah sangat fatal. Ketika semuanya masih baru akan berlangsung normal dan biasanya tanpa hambatan yang berarti. Banyak hal yang muncul dari hal yang sepele, saat dilihat sambungan antara hand phone ke Kabel terus ke UFS-8 kemudian dari UFS-8 ke komputer semuanya sudah benar. Kenyataannya hal ini belum tentu semuanya bisa terconnect dengan baik.

Apa yang harus di lakukan agar anda dapat memastikan bahwa sambungan dari hand phone, kabel, UFS-8 dan komputer sudah benar tersambung dengan baik? Agar anda dapat dengan mudah menganalisa kerusakan hand phone. Pertama tentunya anda memilih terlebih dahulu seri hand phone yang sesuai apakah itu DCT3, DCT4, DCTL, WD2 atau BB5. Sesuaikan terlebih dahulu seri hand phone yang hendak di kerjakan. Setelah anda menentukan seri hand phone dan telah menyanbungnya serta menekan tombol “Connect” dan terlihat laporan software UFS-8 pada monitor computer anda terlihat “license True”, artinya komputer telah mengenal UFS-8.


Selanjutnya gunakanlah menu “Check” dan “Info” pada software UFS-8. Tekan tombol “Check” dan lihat hasilnya saat di ulang sampai dua atau 3 kali semuanya “Boot Ok” walau pun pada saat itu hand phone atau UFS-8 boxnya tersenggol lalu bergeser dan tidak mengalami perubahan. Jika pada saat hand phone atau UFS-8 box bergeser lalu kemudian hasilnya “Boot Error” artinya anda harus segera memerikasa kembali semua sambungan terutama sambungan dari hand phone menuju UFS-8. Pastikan bahwa sudah terkoneksi antara hand phone dengan kabel. Periksa semua pin kabel apakah masih berfungsi dengan baik atau ada pin kabel yang miring atau bengkok. Anda juga perlu melakukan dengan baik jangan memasang kabel UFS-8 ke hand phone dengan kasar atau menekannya dengan sangat keras agar tidak merusak pin kabel atau bahkan komponen lain pada PCB handphone yang letaknya berdekatan dengan jalur tempat menempelnya pin kabel hand phone.

Jika saat menekan tombol “Check” pada software UFS-8, laporan selalu “Boot Ok” langkah selanjutnya adalah melihat apakah hand phone bisa memberikan info kepada anda dengan menekan tonbol “Info”. Info yang terlihat adalah MCU, PPM, IMEI dan data-data hardware hand phone lainnya bisa terlihat di layar monitor. Dengan terbacanya data hand phone anda tentunya bisa segera mengetahui dan menganalisa apakah itu hanya kesalahan software atau hardware hand phone.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar